Ini Cara Saya Mengolah Sisa Makanan



Alhamdulillaah, nyaris tiap masakan yang saya bikin untuk keluarga, kerap habis dikonsumsi. Ini sebab saya mengolah seperlunya untuk bagian keluarga. Terkadang saya share dengan tetangga bila bersengaja mengolah berlebihan.


Saya yakinkan ada telur, mentega, daun bawang, tomat, kentang, wortel, kol, lombok, selaku stock bahan masakan di kulkas. Bila setiap saat saya memerlukannya untuk menu memproses masakan, karena itu saya tinggal meraciknya dengan bahan itu. Tentu saja dengan semua pernak-pernik bumbu yang ada di almari dapur.


Nah, apa makanan favorite yang terus habis dikonsumsi dari olahan tersisa makanan?

1. Nasi Goreng

Menu ini sering jadi unggulan saya bila masihlah ada nasi di rice cooker. Dengan bumbu olahan ala-ala saya, menu ini terus habis dikonsumsi oleh suami dan anak. Bahkan juga terkadang berebut dengan juru masaknya. Hahaha. Entahlah, apa yang membuat mereka senang dengan sajian ini. Kemungkinan sebab saya memakai kaldu jamur dan terasi bubuk Berau, memunculkan rasa renyah yang nikmat di selang pedasnya nasi goreng.


cara sederhana untuk bermain over under 2. Keripik Kulit Kentang

Resep ini saya peroleh hasil dari belajar daring bersama anak waktu mengikut mata pelajaran Prakarya. Semenjak mengenali resep ini, saya upayakan tidak untuk buang kulit kentang. Cukup, buat camilan waktu baca novel atau menonton youtube.


Ya, kulit kentang yang telah dikupas, tidak saya buang. Bersihkan sampai bersih kulitnya, lalu keringkan. Persiapkan bawang putih, daun jeruk, ketumbar dan garam. Lumatkan seluruh bumbu. Campur dengan sedikit air, lalu oleskan kulit kentang pada bumbu. Pinggirkan.


Persiapkan dua sendok tepung beras, satu sendok tepung bumbu serba buat, campurkan sama air seperlunya dalam mangkuk. Oleskan kulit kentang pada adonan tepung. Goreng dengan minyak panas. Bila telah masak kecoklat-coklatan, angkat, keringkan. Akan gurih dan yummy, dech!


3. Martabak SayurNah, menu yang ini ialah unggulan paling akhir untuk habiskan stock sayur di kulkas.


Kol dan daun bawang diiris-iris lembut. Kentang diiris-iris tipis seperti tangkai korek api. Campur dengan 2 sendok makan tepung bumbu serba buat sampai sedikit lekat. Bisa tambah tahu yang diiris-iris dadu selaku pendamping, aduk sampai rata. Tambah garam, merica bubuk dan kaldu jamur. Berikan mentega seperlunya pada adonan sayur. Aduk sampai rata kembali lagi. Paling akhir, tambah dua atau tiga butir telur yang yang telah dikocak (sesuka Anda) pada adonan. Ratakan kesemua adonan.


Persiapkan wajan antilengket dan panasi minyak. Tuang adonan membuat dadaran. Bolak-balik masakan supaya tidak gosong. Bila telah masak, angkat, lalu keringkan.


Martabak sayur siap habis dikonsumsi oleh keluarga.

Mga sikat na post sa blog na ito

Waging the milk price war

SMALL TOWNS MAY BE GREEN BUT UNHEALTHY

Tate was detained alongside his brother Tristan last month as part of an investigation into allegations of human trafficking and rape, which they deny.